4 Cara Praktis Membersihkan Sepatu Sesuai dengan Jenisnya

by - 00.36

Cara tepat memebersihkan knit sneakers (Foto: Shutterstock) 

Bersihkan sepatu sendiri kadang senang memusingkan. Jika salah-salah memakai alat atau pembersih, umumnya sepatu yang semestinya bersih malah jadi rusak. Ditambah lagi bila sepatu yang dibikin bersih memiliki bahan spesial yang susah yang butuh perlakuan spesial. Walau saat ini banyak layanan bersihkan sepatu, tetapi mungkin Kamu tidak tetap dapat me-laundry sepatu di saat kepepet. Merilis dari beberapa situs sumber seperti hipwee.com, di bawah ini PingPioint.co.id meringkas cara-cara praktis bersihkan sepatu sendiri.

1) Sepatu Sneaker
Membersihkan sepatu type sneaker termasuk cukuplah gampang. Bila sepatu cuma terserang kotoran di bagian luar saja, Kamu cukup membersihkannya dengan sikat gigi serta deterjen cair. Triknya, larutkan deterjen ke air, lalu celupkan sikat gigi kedalamnya lalu gosokan perlahan-lahan ke wilayah sepatu yang terserang kotoran. Bila kotoran di bagian sol membandel, pakai pasta gigi untuk membersihkannya. Sesudah bersih, basuh dengan sedikit air lalu keringkan dengan lap kering di bagian sol serta jemur dalam tempat yang tidak terserang matahari langsung.

2) Sepatu Canvas
Pada intinya langkah membersihkan sneaker dengan sapatu canvas hampir sama. Sebab bahan canvas lebih susah untuk dibikin bersih Kamu dapat memakai baking soda untuk melunturkan kotoran yang membandel. Triknya, larutkan 1/2 sendok baking soda dengan air lalu celupkan sikat gigi kedalamnya. Gosok sikat gigi ke wilayah yang terserang kotoran dengan perlahan-lahan. Bila sepatu telah begitu kotor serta berbau, Kamu dapat mencucinya dengan mesin pencuci dengan kecepatan yang terendah.

3) Sepatu Suede
Bersihkan sepatu memiliki bahan suede atau beludru sedikit berlainan dari sepatu yang lain. Type sepatu suede umumnya semakin lebih gampang kotor serta susah untuk di membersihkan sebab sama gampang rusak terutamanya dari sisi warna. Langkah yang paling aman untuk membersihkannya dengan memakai soft brush atau nail brush untuk menggosok sisi yang kotor. Bila kotoran sepatu telah begitu membandel, dianjurkan untuk membersihkannya dengan memoleskan baking soda. Triknya sama juga dengan seperti bersihkan jual sepatu safety canvas.

4) Sepatu Kulit
Sepatu kulit adalah salah satunya sepatu memiliki bahan alami yang membutuhkan perlakuan spesial untuk membersihkannya. Saat bersihkan sepatu kulit Kamu membutuhkan beberapa alat spesial seperti saddle soap, mink oil, sikat spesial/sikat kulit serta lap kering. Bersihkan sepatu kulit cukup memerlukan waktu, tetapi bila Kamu harus selekasnya memakai sepatu dengan dadakan, ada cara-cara pilihan yang dapat dikerjakan. Pertama, membersihkan sepatu dengan shoe polish untuk membuat cerah warna sepatu. Ke-2, berikan dengan bedak bayi supaya struktur kulit kembali lembut serta lentur.

Langkah bersihkan sepatu ini dapat Kamu kerjakan pada saat-saat tersendiri saja. Contohnya pada saat tergesa-gesa atau kondisi kepepet. Walau langkah pilihan ini cukup bermanfaat untuk beberapa macam sepatu, tetapi sebaiknya Kamu masih membersihkan sepatu sejenis spesial dalam tempat laundry sepatu.

You May Also Like

0 comments